Cara Hemat Listrik Pasca Bayar Rumah yang Sangat Boros

.
Cara hemat listrik pasca bayar rumah yang sangat boros, akhir ini begitu banyak sekali keluhan masyarakat bahwa tagihan listrik pasca bayar mereka membengkak hingga lebih 100%. Hal tersebut memang agaknya terlihat seperti terlalu berlebihan, tapi yang terjadi memang demikian.

Meskipun begitu kenapa ada beberapa penyebab kenapa tagihan listrik bulanan semakin mahal dan membengkak, salah satu alasannya yaitu adanya kebijakan kenaikan tarif dasar listrik oleh PLN per tiga bulan sekali kalau tidak salah.

Cara Hemat Listrik Pasca Bayar Rumah yang Sangat Boros

Dengan adanya kebijakan tersebut, tentu sekarang kita sudah tahu salah satu penyebabnya, tentu masih banyak hal lain yang membuat tagihan membengkak.

Kali ini ada beberapa cara hemat listrik pasca bayar rumah yang sangat boros :

1. Gunakan listrik dengan bijak.

Bukan hal aneh bila tagihan membengkak saat melihat kembali pemakaian listrik rumah berlebihan. Sebenarnya besarnya tagihan listrik itu sebanding dengan pemakaian kalau pakai listriknya sembarangan dan berlebihan tentu saja tagihan bakal besar.

2. Lepas semua stop kontak  peralatan elektronik saat tidak dibutuhkan.

Seperti sebelumnya, kalau tidak mau tagihan besar jangan boros listrik, salah satu caranya itu lepas semua peralatan elektronik saat tidak digunakan, contohnya jangan biarkan tv menyala terus semalaman, lepas semua charger handphone kamu saat tidak dipakai, begitu pula dengan rice cooker saat nasinya sudah sedikit dan mau habis.

3. Gunakan lampu rumah yang hemat energi.

Masih pada poin jangan berlebihan, yaitu gunakan lampu rumah yang memilikifitur hemat energi, jangan terlalu terang atau watt yang kecil, boleh terang asal tidak berlebihan dengan watt kecil. Matikan juga lampu rumah saat hendak tidur, jangan biarkan lampu rumah menyala semua, gunakan saja seperlunya, yaitu 1 atau 2 lampu untuk penerangan.

4. Gunakan AC dengan bijak.

Jika dirasa suhu ruangan sudah cukup dingin atau cukup hangat, matikan atau kurangi beban kerja AC rumah kamu.

5. Gunakan daya listrik sesuai kebutuhan.

Sebaiknya kalau rumah tangga gunakan daya listrik maksimal 900va, bila untuk industri boleh lebih. Saat ini yang mendapatkan subsidi dari pemerintah hanya sampai daya 900va, jadi diatas itu tarif normal dan kenaikan tarif dasar listriknya jelas akan sangat terasa.

6. Biarkan dan beri kesempatan petugas catat meter (pembaca meteran listrik PLN) untuk melaksanakan tugasnya.

Pada poin ini akan begitu sangat terasa efeknya, jika rumah kamu ada di kompleks perumahan biasanya memiliki pagar dan selalu terkunci. Hal ini sangat tidak baik sebab para petugas baca meter tidak bisa melaksakan tugasnya jadi mereka dan pihak PLN akan memprediksi kwh listrik yang kamu gunakan. Namanya angka perkiraan jadi kalau prediksi mereka lebih kecil tagihan listrik kamu bulan depan lebih kecil, tapi jika lebih besar dari kwh pemakaian yang sebenarnya maka tagihan listrik bulan depan pasti membengkak.

Jangan bingung dulu, PLN akan menghitung pemakaian listrik rumah pada akhir tahun jadi kalau ada laporan yang tidak sesuai mereka akan koreksi dan membebankannya pada akhir tahun alias tagihan bulan ke 12 pada tahu berjalan, kalau ada kelebihan kwh maka akan mengurangi tagihan bulan terakhir, tapi kalau kurang sudah tentu akan menambah tagihan bulan terakhir, jadi bersabarlah menunggu.

Untuk jadwal petugas cater (baca meter) PLN biasanya antara tanggal 10 sampai dengan tanggal 15, jadi jangan sampai mereka tidak bisa mengakses meteran listrik rumah kamu kalau masih ingin tagihan normal.

Itulah tadi cara hemat listrik pasca bayar ruma yang sangat boros yang sebaiknya kamu terapkan pada rumah kamu, bukan buat apa tapi kalau bisa hemat kenapa harus boros.

0 Response to "Cara Hemat Listrik Pasca Bayar Rumah yang Sangat Boros"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2