Cara Mudah Lakukan Pendaftaran PPDB 2019 Online

.
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPD) tahun 2019 akan segera dibuka. Dalam penerimaan PPDB tahun 2019 ini dapat digunakan bagi calon siswa atau siswi mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Cara Mudah Lakukan Pendaftaran PPDB 2019 Online
by BPTIKP Jateng
PPDB sendiri seperti SNMPT yaitu sistem yang dirancang untuk melakukan seleksi penerimaan peserta didik baru mulai dari proses pendaftaran hingga pengumuman secara otomatis atau online dan real time.
Sebelum kita berbicara bagaimana cara pendaftaran PPDB 2019 Online, perlu di ketahui beberapa peraturan dan persyaratan sebelum mendaftar seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018 yang meliputi :
  • Persyaratan Umur.
Calon peserta didik baru untuk Sekolah Dasar harus 7 tahun atau minimal telah berusia 6 tahun pada tanggal 1 Juli bulan berjalan. Artinya peserta didik harus berusia 7 tahun untuk mendaftar, namun jika masih berusia 6 tahun masih dapat melakukan pendaftaran dengan syarat calon peserta didik memiliki kecerdasan istimewa dan kesiapan mental yang diperlukan.
Bagi calon peserta didik baru untuk Sekolah Menengah Pertama usia paling tinggi adalah 15 tahun dan telah memiliki Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) atau Ijazah SD.
Sedangkan untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) maksimal berusia 21 tahun dan memiliki ijazah SMP dengan segala kelengkapannya seperti SHUN Surat Hasil Ujian Nasional.
Persyaratan umur diatas harus dibuktikan dengan akta kelahiran calon peserta didik dan terlegalisir oleh kelurahan setempat.

Setelah memenuhi persyaratan umur lalu bagaimana cara melakukan pendaftaran PPDB 2019, berikut ini caranya.
  1. Pertama kunjungi halaman PPDB online di https://siap-ppdb.com
  2. Selanjutnya klik pada menu di sudut kanan atas yang bertuliskan "mendaftar/login".
  3. Selanjutnya akan tampil halaman baru dengan tulisan "Selamat datang di komunitas TELKOM SIAP Online".
  4. Jika telah mendaftar, silahkan klik "Masuk". Namun jika belum melakukan pendaftaran sebelumnya, silahkan klik "mendaftar" atau bisa login dengan menggunakan akun Facebook atau Twitter.
  5. Setelah klik "mendaftar" akan muncul halaman baru yang menunjukkan kolom sebagai tempat memasukkan alamat email.
  6. Muncul halaman baru untuk mengisi biodata berupa nama, jenis kelamin, tanggal lahir, anda seorang: misalnya guru, tenaga pendidik, siswa, orang tua, mahasiswa, alumni, dosen, atau masyarakat peduli pendidikan. Kemudian klik "Lanjut".
  7. Muncul halaman baru berupa kolom untuk mengisi password, kemudian masukkan kembali password, dan isi kode captcha. Kemudian klik "Lanjut".
  8. Sampai pad langkah terakhir masukkan kode aktivasi.
  9. Silahkan buka kotak masuk email untuk melihat kode aktifasi di menu sosial.
  10. Jika sudah menemukan kode aktifasi tersebut copy dan paste pada kolom aktifasi pendaftaran SIAP PPDB Online. Kemudian klik "Lanjut".
  11. Selamat anda telah bergabung dengan SIAP PPDB Online.
  12. Selanjutnya jika ingin melengkapi profil menyapa anda, silahkan klik menu pilihan yang tersedia.
Demikan cara mudah lakukan pendaftaran PPDB secara online pada tahun 2019 semoga bermanfaat jangan lupa share.

0 Response to "Cara Mudah Lakukan Pendaftaran PPDB 2019 Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2