Cara Hemat Uang Untuk Anak Kos Sekarang

.
Cara hemat uang untuk anak kos sekarang, itulah topik yang kali ini akan kita bahas. Jauh dari rumah dan orang tua bahkan dari saudara-saudara juga, hidup di tempat yang terpisah jauh merupakan sebuah tantangan dan kesempatan untuk melatih dan mengembangkan diri.

Biasanya ini terjadi pada anak kuliah, mereka harus kos dan apabila belum bisa mencari uang sendiri tentu satu-satu sumber untuk mendapatkan uang tidak lain yaitu menggantungkan diri pada kiriman uang dari orang tua.

Cara Hemat Uang Untuk Anak Kos Sekarang

Dengan keadaan seperti itu tentu ada kewajiban untuk menjaga dan mengatur agar uang tersebut masih bisa digunakan sampai akhir bulan atau setidaknya sampai ada kiriman selanjutnya.

Pada kali ini ada cara-cara yang bisa digunakan untuk menghemat uang bulanan untuk anak kos jaman sekarang. Mari kita simak bersama caranya.

1. Belanja sesuai kebutuhan.

Orang saat ini pengeluaran untuk belanjanya sangat sadis bahkan gaji bulanan saja sampai tidak cukup untuk digunakan belanja sehari. Tiap ada produk baru beli, smartphone baru beli dan seterusnya.

Sebagai anak kos tentu jangan mengikuti gaya hidup seperti itu, aturlah kebutuhanmu, prioritaskan dari yang paling mendesak dan paling kamu butuhkan, jangan sekali-kali membeli barang yang tidak berguna apalagi kamu sendiri juga tidak membutuhkannya.

2. Cuci baju sendiri.

Jadi anak kuliahan dan anak kos ditambah kamu itu laki-laki, meskipun ada perempuan juga begitu. Sungguh hebat dan kompleks masalahnya yaitu malas, capek dan kurang ada waktu buat mencuci baju, terlebih jika musim hujan. Akhirnya laundry saja, padahal laundry itu cukup mahal.

Jika semua pakaian kamu cuci sendiri sudah bisa dihitung berapa duit bisa diselamatkan untuk menyambung hidup dihari lain. Jadi kalau mau uang kamu bisa sampai akhir bulan, mulai sekarang buat kamu yang suka pakai jasa laundry belajar dan biasakan mencuci baju sendiri walau sedikit demi sedikit.

3. Tutup mata pada diskon.

Sangat enak hidup dikota besar, kampus dekat dengan mall besar dan sering ada diskon. Tapi tahukah kamu jika harga mall itu sangat mahal, meskipun sudah ada diskon 90% tetap saja mahal, mereka sudah memperhitungkan dengan harga berapa agar barang yang dijual itu tetap untung walau ada diskon gila-gilaan.

Waspadalah pada diskon yang ada di mall terutama untuk para cewek, yang biasanya suka sekali tergoda barang diskonan. Seperti poin pertama belanja sesuai kebutuhan dan ditambah kalau mau beli barang atau baju jangan sering-sering beli di mall, harganya bisa berkali lipat dari harga pokok (harga sebenarnya).

4. Manfaatkan dalbo secara bijak.

Pernah dengar kata dalboan? Biasanya kata tersebut digunakan untuk menyebut baju dan pakaian bekas yang dijual. Saat ini tren jual beli pakaian bekas berkembang pesat, mulai banyak berdiri ruko-ruko yang menjual baju dan barang bekas.

Berbicara soal bekas tentu kebanyakan orang risih, "barang bekas kok dipakai". Tapi hilangkan gengsimu, dan jangan malu menggunakan barang bekas, sebab tidak semua barang bekas itu kualitasnya buruk, bahkan ada yang masih terlihat dan terasa seperti baru. Urusan harga juga jauh lebih terjangkau dikantong. Bayangkan harga sebuah jaket yang baru bisa sampai Rp. 300.000 di tempat baju dalboan bisa didapatkan dengan harga Rp. 30.000 sampai Rp. 60.000 tergantung seperti apa penawaran harga yang kamu lakukan. Tips untuk memilih pakaian bekas yaitu pastikan tidak ada lobang dan warnanya masih bagus serta tidak ada noda atau coretan pada kainnya.

5. Masak sendiri.

Sudah pasti masak sendiri itu bisa membuat anggaran belanja semakin bisa dihemat. Dengan uang Rp. 15.000 hanya bisa dapat satu porsi nasi ditambah minum dan krupuk. Jika digunakan untuk masak bisa dapat beras satu kilo dan lauk pauk untuk seharian. Beras satu kilogram tersebut juga bisa jadi 6-9 hari tergantung seberapa banyak porsi makan kamu.

6. Sering berkunjung ke rumah teman.

Apabila mempunyai teman yang anak asli daerah tempat kos dan kampus tentu sangat beruntunglah kamu. Main saja kerumahnya bila beruntung bisa ketemu orang tuannya dan dapat tawaran makan gratis disana. Siapa yang tidak percaya coba saja, berkah jadi anak kos gitu.

Menjadi anak kos itu bisa mendatangkan berbagi manfaat, salah satunya yaitu belajar secara langsung bagaimana cara memanajemen diri dan keuangan. Beruntunglah bagi kamu yang jadi anak kos. Sekian cara hemat untuk anak kos sekarang.

0 Response to "Cara Hemat Uang Untuk Anak Kos Sekarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2