Cara jitu mempercepat loading blog anda

.

Cara jitu mempercepat loading blog andaBagaimana cara jitu mempercepat loading blog? Sebuah blog akan memiliki tampilan yang menarik jika seorang pemiliknya pandai dalam menyusun dan mempercantik tampilannya, dari widget hingga menambahkan efek-efek pada blog yang dia kelola.


Namun dengan begitu banyaknya hal dapat digunakan dalam usaha mempercantik blog, terkadang ada beberapa blogger yang lupa batasnya, semakin banyak unsur yang ditambahkan justru akan menjadikan blog anda lambat.

Efek dari lambatnya blog anda tentu orang atau pengunjung yang mengunjunginya akan menjadi malas untuk menunggu sampai tampilannya muncul seluruhnya, akhirnya menutup dan membuka blog atau website lainnya yang mempunyai isi yang sama dengannya.

Untuk itu saya akan membagikan cara yang dapat anda gunakan untuk mempercepat loading blog anda, langsung saja ke pokoknya ini dia caranya :

1. Kurangi dan hapus efek-efek yang kurang bermanfaat.

Ada beberapa blog yang pernah saya kunjungi yang kebetulan tulisannya cukup bahkan sangat menarik hati, tapi begitu membuka halaman blog tersebut saya harus menunggu lama bahkan sampai ketiduran, akhirnya saya tutup dan membuka yang lain. Dan karena penasaran apa yang membuat blog tersebut sangat berat loadingnya saya kembali kesana dan menemukan efek-efek yang saya curigai sebagai penyebab blog tersebut memiliki loading yang berat, yaitu efek bintang jatuh. Efek tersebut tentu apa gunanya selain membuat blog cantik kalau loadingnya lama sekali, hal sejenis dengan ini adalah kupu-kupu terbang, kembang api, hujan, salju dan sejenisnya. Efek tersebut sebaiknya anda kurangi atau bahkan hapus bersih agar blog anda menjadi secepat kilat.

2. Batasi jumlah banner iklan blog.

Setiap blogger pasti senang jika mempunyai blog yang dapat di monetize atau blog yang dapat menghasilkan uang bagi pengelola dan pemiliknya. Kadang kala blogger awan memasang terlalu banyak banner iklan di blog yang di rawatnya demi mendapatkan penghasilan yang besar. Ingat banyak banner membuat blog anda lembat seperti siput, kurangilah atau bahkan pasang hanya sebuah banner saja demi mempercepat loading blog anda tersebut. Jika anda publisher dan ingin mengoptimalkan pendapatan anda sebaiknya lakukan penempatan banner iklan di bawah judul posting atau ditengah posting anda, sampai seperti iklan punya website detik.

3. Hapus widget yang kurang penting.

Banyak widget belum tentu blog anda cantik tapi justru lemot, untuk itu widget-widget kurang bermanfaat dan bermutu hilangkan dari blog anda. Atau munculkan widget tersebut pada bagian tertentu di blog anda, seperti hanya pada tampilan homepage atau post dan lainnya.

4. Kompres CSS dari blog anda.

Dengan mengkompres css blog anda bisa semakin cepat dalam loading dari setiap halamannya, kompres css sendiri yaitu menggabungkan dan memendekan css tanpa menghilangkan kode-kode css tersebut.

Sekian jawaban dari bagaimana cara mempercepat loading blog, semoga dengan ini blog anda bisa mempunyai loading yang cepat, sedikit tips cara meningkatkan pengunjung blog yang baik.

2 Responses to "Cara jitu mempercepat loading blog anda"

  1. penerapan poin-poin di atas memang perlu untuk blog guna menghindari loading blog yang menjengkelkan... supaya tidak ditinggalkan langsung oleh pengunjung sebelum loading selesai.
    terima kasih artikelnya mas... sukses selalu..

    ReplyDelete
  2. Saya mau nambahin mas,
    Memercepat loading blog dengan menghilangkan widget.css. :)

    1. Cari kode:
    <b:skin><![CDATA[

    2. Block semua kode css di bawah kode poin nomor 1 sampai kode ini:
    ]]><![CDATA[]]><![CDATA[*/]]></b:skin>

    4. Di bawah kode poin nomor 3 tambahkan kode ini:
    <style type='text/css'> Letakkan kode css yang ada di notepad tadi di sini </style>

    :) Sekedar info, widget.css merupakan kode bawaan blogspot sendiri yang dapat dihilangkan karena tidak terlalu berfungsi.

    Ada lagi mas tambahannya,
    Memercepat loading blog dengan menghilangkan widget.js

    1. Cari kode </body>

    2. Ganti kode tersebut dengan kode ini:
    <!--</body>--></body>

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2