Cara memilih kuliah yang tepat (langkah-langkahnya)

.
Pendidikan tinggi di Indonesia merupakan kelanjutan dari pendidikan menengah, guna dari di selelnggarakannya pendidikan tinggi ini untuk menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan dapat menerapkan, mengembangkan atau menciptakan hal baru yang berguna dari apa yang di dapatkannya selama menempuh pendidikan tinggi.

Namun tak banyak juga mereka yang bisa menempuh pendidikan tinggi, beruntung bisa menyelesaikan pendidikan tingginya atau bahagia setelah menyelesaikannya karena mereka salah memilih kuliah.

Agar tak salah memilih kuliah, berikut Cara memilih tempat kuliah :

1. Mengukur Kemampuan diri.
Terlebih dahulu kita harus mengecek standar nilai jurusan di kampus yang akan kita pilih, karena dalam memilih perguruan tinggi tentu tidak terlepas dari kemampuan diri sendiri terutama nilai akademik kita.
Kemampuan otak dalam menangkap dan menyerap materi kuliah juga harus diperhatikan. Kalau kemampuan kita tidak sanggup untuk kuliah dengan waktu yang panjang dan materi yang banyak, kita dapat mengambil kursus atau program diploma saja.
Perhatikan juga kemampuan fisik kita, jika kita mudah lelah dan sakit jika pulang larut malam, sebaiknya pilih lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal kita.
Pahami perbandingan antara daya tampung dan peminat (tahun sebelumnya).
Jangan sampai kita sudah memilih kuliah di tempat A dengan jurusan AA tapi hanya sedikit yang di terima, akhirnya kita kecewa karena menjadi salah satu yang tidak di terima untuk alas an daya tamping yang sedikit dengan peminat yang banyak.
2. Mengenali grade dari perguruan tinggi yang akan kita pilih.
Tingkat baik yang di miliki perguruan tinggi sangat menentukkan kualitas lulusannya disamping dari kemampuan peserta didik itu sendiri. Pilihlah perguruan tinggi yang minimal mempunyai akreditasi B, baik itu akreditasi secara umum maupun akreditasi parodi yang kita pilih.
3. Memperhatikan kondisi keuangan kita.
Hal yang satu ini sangat berpengaruh juga, jangan sampai kita kuliah semangat di awal tapi di tengah-tengah down karena kesulitan biaya. Agar tidak mengalamai hal tersebut pastikan kita meilih kuliah yang sesuai dengan kemampuan ekonomi kita, kecuali kita mendapatkan fasilitas bea siswa.
4. Survei kampus.
Pilihlah kampus yang memiliki fasilitas lengkap, ini akan mempermudah proses belajar kita.

0 Response to "Cara memilih kuliah yang tepat (langkah-langkahnya)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2